Apa Itu Plektrum? - CANA Gitar Custom

Plektrum atau biasa disebut dengan "pick" merupakan sepotong material keras yang biasanya dipegang dengan jempol dan telunjuk yang digunakan untuk memetik serta membunyikan senar gitar. Plektrum pada umumnya digunakan untuk permainan yang menggunakan gitar elektrik, tetapi tidak sendikit pula digunakan untuk memainkan gitar akustik.
Bebagai jenis dan ukuran plektrum
Pada umumnya plektrum terbuat dari aneka macam bahan, seperti plastik, tulang, kayu, logam bahkan ada juga yang menggunakan dengan tempurung kura-kura. Pada awal pembuatan plektrum bahan yang paling sering digunakan adalah tempurung kura-kura, dikarenakan mahluk ini sudah terancam punah dan merupakan hewan yang dilindungi maka plektrum berbahan tempurung kura kura sudah tidak digunakan lagi demi menjaga dan melestarikan hewan ini.

Bentuk serta ukuran plektrum sangatlah berfariasi, untuk permainan bass digunakan plektrum dengan ukuran yang lebih besar dan tebal dibandingkan dengan plektrum yang digunakan pada gitar elektrik. Ketebalan plektrum juga berpengaruh pada penggunaannya, untuk ukuran ketebalan 0,2 hingga 0,5 biasa digunakan untuk permainan gitar rhythm sedangkan untuk ukuran plektrum 0,7 sampai 1,5+ mm biasa digunakan untuk permainan gitar melodi.
Pick Gitar Termahal
Suara gitar khas ala Billy Gibbons banyak yang menyebutkan karena Billy menggunakan plektrum berbahan baku koin Amerika atau koin meksiko. Begitu pula dengan Brian May dia menggunakan plektrum berbahan baku koin Inggris sedangkan David Persons menggunakan Kartu kredit usang yang dipotong dengan ukuran tepat untuk plektrumnya.


0 Response to "Apa Itu Plektrum? - CANA Gitar Custom"

Post a Comment

wdcfawqafwef