Teknik Bermain Gitar - CANA Gitar Custom

Selamat datang kembali, artikel kali ini membahas mengenai macam-macam teknik dalam bermain gitar. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali teknik dalam bermain gitar baik untuk digunakan pada gitar akustik maupun gitar elektrik yang harus dikuasai oleh seorang gitaris. Apalagi untuk anda yang ingin belajar membaca Tablatur gitar. 

Mungkin apabila anda mengikuti Les Musik hal seperti ini sudah tidak asing lagi ditelinga anda, karena sudah mendapatkan materi dari tempat anda kursus. Namun untuk anda yang sedang belajar secara mandiri atau otodidak, mungkin anda tidak tau ada berapa teknik dalam bermain gitar yang harus dikuasai oleh seorang gitaris profesional.

Dibawah ini adalah daftar nama nama teknik gitar yang harus anda kuasai :
1. Alternatif Picking
Gerakan kebawah dan keatas dalam memetik senar gitar secara konstan dan bergantian.

2. Slur
Teknik ini dibagi menjadi 2, yaitu Hammer-On (Ascending slur) dan Pull-Off (Descending slur). Teknik slur ini merupakan salah satu teknik dasar yang penting dalam bermain gitar.
a. Hammer-On : Dalam teknik ini kita memetik sendar dengan cara mengetuk (hammer/palu) dinot ke 2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.
b. Pull-Off : Teknik ini anda memetik senar dengan cara mengetuk pull (mencongkel) dinot ke 2 yang lebih tinggi dengan menggunakan tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi, sementara itu not pertama masih berbunyi.

3. Legato
sumber
Teknik ini merupakan gabungan slur dari beberapa nada (biasanya dari nada tinggi ke rendah) yang dirangkai menjadi satu kesatuan dalam satu permainan.

4. Bending
Pada teknik dasarnya adalah meninggikan bunyi nada dengan cara menggerakan keatas atau kebawah dalam satu kolom dengan menggunakan jari. Teknik bending dibagi menjadi 3 macam, yaitu :
a. Natural Bending : Dengan cara senar ditekan dengan not yang anda inginkan, setelah itu jari tersebut digerakan keatas atau kebawah, dan akan menghasilkan bunyi yang lebih tinggi dari not awal.
b. Release Bending : Dengan cara bending dilakukan terlebih dahulu sebelum dipetik sehingga belum menghasilkan suara, kemudian setelah senar digerakkan keatas kemudian senar dipetik dan dikembalikan kenot asal tanpa dipetik kembali.
c. Unision Bending : Dengan cara senar yang lebih tinggi atau not yang lebih rendah dari 2 not, dibending sampai memiliki not yang sama dengan not yang lebih tinggi dan dibunyikan bersamaan.
Gibson SG Red Diablo
5. Slide
Merupakan teknik menggeser jari yang menekan senar dengan not tertentu menuju not yang lainnya dengan arah maju atau mundur.

6. Harmonic 
Teknik sentuhan jari "Touch" ini akan menghasilkan suara lebih tinggi dari not asal.

7. Tapping
Teknik ini tidak menggunakan pick atau pemetik dalam memainkkannya, tetapi menggunakan jari-jari kedua tangan berada dineck gitar. Teknik ini bisa juga disebut Two Handed, pada dasarnya teknik ini merupakan kombinasi teknik Hammer On dan Pull Off.

8. String skipping
Dalam memaikannya anda harus melewati 1 senar atau skip senar

9. Sweep Picking 
Teknik ini dimainkan dengan cara gerakan usap (sweep) dan digunakan untuk memaikan teknik sweeping.

10. Arpegio
Teknik memetik senar dengan cara memecah nada dari sebuah cord atau kunci gitar secara bergantian (teratur) dan paling sering diaplikasikan pada teknik sweep picking (sweeping). Teknik ini pun bisa dimainkan dengan teknik lain seperti string skipping.

11. Ascending.
Teknik permainan yang menggerakkan nada rendah ke nada tinggi
Less Paul Silver Blue Sunbrush Custom

12. Descending 
Teknik ini kebalikan dari teknik nomor 11, yaitu dengan cara menggerakan nada dari nada tinggi ke nada rendah.

13. Barre
Teknik ini menggunakan 1 jari tangan anda untuk menekan beberapa senar atau fret sekaligus.

14. Chicken Picking / Hybrid Picking
Pada teknik ini anda menggunakan pick dan jari dan menggunakannya secara memetik, teknik ini biasa dipakai pada musik country

15. Five not per string
Teknik lima not dalam tiap senar.

16. Passing note
Nada yang berfungsi sebagai penghubung.

17. Range 
Rentang atau jangkauan nada

18. Slide Up
Membunyikan satu nada dan kemudian menggeser ke nada yang lebih tinggi

19. Side down
Membunyikan satu nada dan kemudian menggeser ke nada yang lebih rendah.

20. Stretching 
Gerakan membentangkan jari yang berdekatan sejauh mungkin.

Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap semangat



0 Response to "Teknik Bermain Gitar - CANA Gitar Custom"

Post a Comment

wdcfawqafwef