Cara Merawat Gitar dan Bass Kesayangan dengan benar ala Cana Guitar Custom

Cara Merawat Gitar dan Bass Kesayangan dengan benar ala Cana Guitar Custom 

Hallo sahabat CANA Guitar Custom. kali ini kami akan menghadirkan cara merawat gitar dan bass dengan baik dan benar.

emang nya perlu ya gan gitar untuk di rawat. harus di mandiin gitu kah gan?

Perawatan gitar berbeda dengan perwatan pribadi kita yang butuh mandi setiap hari, seperti yang kita tau gitar merupakan alat musik dasar yang sangat populer baik di kalangan rakyat menengah kebawah atau jajaran rakyat atas. bahkan di setiap kampung pasti ada yang memiliki gitar dengan berbagai macam kualitas sesuai dengan budget dan hobi masing masing.

Seperti yang kita tau, sebagian besar gitar terdiri dari material kayu dan material ini membutuhkan perawatan yang tepat agar kualitas suaranya yang di hasilkan tetap dengan performa terbaik dan berikut ini tips perawatan gitar atau bass ala CANA Guitar Custom

1. Gantilah Senar Secara Rutin

Mulai sekarang biasakan untuk mengganti senar gitar atau bass anda secara rutin, apabila senar sudah berkarat atau dirasa sudah akan putus alangkah baiknya kita untuk segera mengganti senar gitar tersebut. apabila tidak segera diganti maka akan mempengaruhi playability gitar tersebut atau kita tidak nyaman dalam memainkannya. Serta suara yang dihasilkan pun tidak akan maksimal. Dan perlu agan tau, senar yang sudah aus juga dapat menyebabkan fret gitar atau bass anda rusak. sehingga mengakibatkan biaya perawatan yang lebih tinggi.
Biasakan juga untuk mengganti senar secara keseluruhan untuk mencegah belangnya warna antara senar baru dan lama. sudah berapa lama anda tidak mengganti senar gitar agan??

2. Bersihkan Fretboard

Usahakan Fretboard gitar atau bass anda dalam keadaan bersih, fretboard merupakan tempat bersarangnya kotoran yang berasal dari keringat, debu yang bercampur. Apabila anda tidak pernah melakukan perawatan pada bagian ini, akan dipastikan sangat mudah muncul kerak yang menggangu. Jadi setiap agan mengganti senar (langsung satu set) sekalian aja tuh agan bersihin fretboard dengan menggunakan pick gitar atau kain lap halus yang tidak menggores atau merusak fretboard atau bagian lainya.

3. Pastikan Senar selalu bersih 

Setelah rutin melakukan penggantian, pastikan juga senar gitar atau bass anda dalam kondisi prima. Pembersihan senar bisa dilakukan dengan menggunakan kain lap atau pembersih senar khusus (String Cleaner) atau bisa juga menggunakan baby oil.
Rutinlah melakukan perawatan minimal seminggu sekali. Saat kita memainkan gitar, disitulah keringat kita banyak yang keluar termasuk di bagian jari jari kita saat memainkan kunci kunci gitar, baik kita sadari atau tidak. itulah yang menyebabkan senar menjadi kotor dan cepat rusak apabila tidak rutin di bersihkan

4. Kendorkan Senar Gitar atau Bass Anda

Apabila kita akan menyimpan dan jarang menggunakan alat musik kita, alangkah baiknya kita kendorkan tegangan senar bass atau gitar kita. Untuk menghindari kebengkokan pada bagian neck/stang apabila tidak di kendorka. Meskipun kemungkinannya kecil tetapi ini sangat baik diterapkan dari pada kita menyesal kemudian.

5.Letakkan Gitar atau Bass Anda Dengan Benar

Pastikan kita melakukan penyimpanan dengan benar, jangan sampai asal taroh. Perhatikan juga posisi saat peletakan, salah salah gitar atau bass kita bisa saja terjatuh karena posisi peletakan yang kurang baik atau kurang seimbang.

6. Buatlah Gitar atau Bass Anda Selalu Bersih dan Kinclong

Gitar atau Bass juga merupakan salah satu alat penunjang fashion kita. Kita juga tidak maukan kalau kita perform diatas panggung dengan kondisi gitar kita yang "buluk" berdebu tak terawat, dengan rajin melakukan pembersihan gitar maka kitapun akan semakin PeDe dan mantap dalam melakukan Perform, salah salah malah pada pengen sama gitar kita yang selalu "fresh".

7. Gunakan Hardcase

Hardcase merupakan alat perlindungan tambahan untuk alat musik kita, seperti kita yang umumnya menggunakan rumah sebagai tempat perlindungan baik dari cuaca extreme, debu, panas ataupun kotoran. Dengan menggunakan Hardcase maka kita sudah meminimalisir benturan yang bisa saja terjadi ke gitar atau bass kesayangan kita. Gak maukan gitar atau bass kita yang kita beli dengan harga mahal dan menabung beberapa tahun tapi "bocel-bocel" atau lecet  akibat sering terjadi benturan karena keteledoran kita. Apabila kita ingin menyimpan dan tidak memainkan gitar kita, alangkah baiknya kita menyimpan didalam Hardcase.

Gitarmu merupakan cerminan dirimu

Demikian artikel perwatan gitar dan bass ala CANA Guitar Custom
semoga bermanfaat untuk anda yang sudah memiliki gitar atau berncana akan custom gitar dan bass
Terimakasih

0 Response to "Cara Merawat Gitar dan Bass Kesayangan dengan benar ala Cana Guitar Custom "

Post a Comment

wdcfawqafwef