Biografi Les Paul Sang Penemu Gitar Listrik - CANA Gitar Custom

Lester William Polsfuss atau lebih dikenal dengan Les Paul Gibson pertama kali mengenal alat musik pada usia 8 tahun. Saat itu Les Paul pertama kali memainkan alat musik harmonika. Pria kelahiran Waukesha Wisconsin 9 juni 1915 itu kemudian mencoba memainkan gitar, dan beberapa waktu kemudian Les Paul dapat memainkan harmonika dan gitar secara bersamaan.

Les Paul wafat pada tanggal 12 Agustus 2009. Mungkin nama Les Paul tidak begitu banyak orang yang tau, tetapi bagi para gitaris sejati nama tersebut tidaklah asing dan menjadi jaminan mutu untuk instrumen gitar. Les Paul adalah musisi bergenre Jazz dan juga dikenal sebagai penulis lagu. Pada usianya yang ke 13, Paul memulai peruntungannya menjadi pemusik semi-profesional. Dia mencoba bernyanyi, bermain gitar dan sekaligus memainkan harmonika. Paul pertama kali menyanyi pada saat dia bermaik di area Waukesha Drive-in dan Roadhouses. Pada saat Paul memasuki usia 17 tahun, dia bermain dengan Tronson's Texas Cowboys Rube dan setelah paul berhenti dari perguruan tinggi lalu dia bergabung dengan Wolverton Radio Band di St Louis.

Gitar listik pada awal mulanya didesain oleh pembuat gitar, pecinta elektronika dan pabrikan alat-alat musik. Sang inovator Les Paul mengadaptasi instrumen hollow bodied dan menggunakan tungsten pickup, setelah itu gitar model ini mulai diproduksi oleh Electro String Instrument Corporation pada tahun 1932. Kemudian gitar dengan body padat lainnya didesain oleh seorang musisi dan penemu Les Paul pada awal tahun 1940, dia bekerja paruh waktu di Epiphone Guitar. Guitar Log Guitarnya telah dipatenkan dan sering dianggab sebagai yang pertama dijenisnya.

Selama karirnya bermusik, Paul sudah mendapatkan banyak penghargaan. Diantaranya yaitu Paul pernah mendapatkan Grammy Trustees Awards sebagai sebuah prestasi seumur hidupnya. Dan paul mendapatkan penghargaan Grammy Hall of Fame pada tahun 1951 untuk rekamannya yang berjudul How High the Moon dan masih ada puluhan bahkan ratusan penghargaan lainnya.

Pada tanggal 12 Agustus 2009 Paul meninggal dunia pada usianya yang ke 94, paul tutup usia dikarenakan ia menderita komplikasi radang paru-paru. Les Paul merupakan pencetus dan berhasil merubah warna musik modern dengan penemuannya dalam pengembangan alat musik gitar. 



0 Response to "Biografi Les Paul Sang Penemu Gitar Listrik - CANA Gitar Custom"

Post a Comment

wdcfawqafwef